Tuesday, February 15, 2022

2.1.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 9 Diary

Di minggu yang ke-9 Pendidikan Guru Penggerak yang saya ikuti terdapat beberapa materi dan kegiatan/aktifitas pembelajaran yang harus dilakukan di Room LMS meliputi:

Pre-test Paket modul 2

Dalam pre test paket modul 2, menyelesaiakan 12 soal pilihan ganda dan tiga soal menjodohkan. Namanya juga pre test sebagai proses awal yang harus dilewati untuk menguji dan mengetahui tingkat kemampuan awal peserta pendidikan guru penggerak mengenai materi yang dipelajari terkait praktek pembelajaran yang berpihak pada murid.

Pengantar modul 2 ini, kita disuguhkan surat dari instruktur berupa video pemahaman pembelajaran berdeferensiasi

b. 2.1.a.3. Mulai dari Diri - Modul 2.1 

Di bagian ini saya diharapkan dapat mengaktivasi pengetahuan yang telah saya miliki terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi dan mengidentifikasi apa saja yang ingin diketahui lebih lanjut.



c. 2.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 2.1

Dalam aktifitas ini terdapat 15 pages yang harus diikuti dan didalami. Setelah melalui 15 pages aktifitas saya jadi paham tentang yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dan melakukan pemetaan kebutuhan belajar murid berdasarkan minat, kesiapan, dan profil belajar.


d. 2.1.a.4.1. Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep

Hal yang paling saya kuasai setelah pembelajaran hari ini adalah Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep. Di forum ini saya dituntut untuk mengeksplorasi pemahaman terkait Strategi pembelajaran berdiferensiasi (konten, proses, dan produk) dan menyimpulkan apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan Diagram Frayer.


e. 2.1.a.4.2. Unggah Tugas - Eksplorasi Konsep 

f. 2.1.a.5. Ruang Kolaborasi - Modul 2.1


Pada kegiatan ini, saya melakukan kegiatan diskusi sebanyak 2 sesi secara daring untuk meningkatkan pemahaman saya terkait dengan strategi diferensiasi, khususnya dalam menyusun rencana pembelajaran. Di akhir kegiatan, saya diminta untuk mengumpulkan Rencana Pembelajaran yang telah dibuat secara berkelompok pada sesi ini.

Sesi satu yaitu Dalam sesi pembelajaran ini, kami mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi, namun kali ini bentuknya akan sedikit berbeda, karena Anda tidak hanya akan berdiskusi dengan fasilitator, melainkan dengan sesama CGP. Kami berkolaborasi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang pembelajaran berdiferensiasi. kami diminta untuk membuat sebuah rencana pembelajaran untuk satu materi yang dapat Anda pilih sendiri. Berbeda dari kelompok sebelum di sesi ini kami disatukan berdasarkan jenjang sekolah dan saya kebagian menjadi kelompok 2




No comments:

Post a Comment